Misteri Suara Dentuman di Bandung, Ini Kata Ahli Konstruksi UI


Misteri Suara Dentuman di Bandung, Ini Kata Ahli Konstruksi UI - Suara dentuman misterius yang sempat terdengar di Kota Bandung pada Kamis 21 Mei dan Jumat 22 Mei 2020 masih menjadi tanda tanya sebab dan asal muasalnya. Sebagian warga di media sosial menduga sumber suara tersebut berasal dari pemasangan tiang pancang.

Menanggapi hal tersebut, ahli konstruksi Universitas Indonesia Josia Irwan Rastandi mengatakan pemasangan tiang pancang dalam pembangunan infrastruktur memang mengeluarkan suara. Namun dentuman misterius itu tidak mungkin dikeluarkan dari pemasangan tiang pancang.

"Saya pikir tidak mungkin (dari pemasangan tiang pancang), kalau suara tiang pancang pasti beda dan orang pasti akan tahu kalau suara pemancangan karena pasti diiringi oleh getaran," katanya, Sabtu (23/5/2020).

Jika dilihat lebih luas dari bidang konstruksi, kata dia, kemungkinan pembangunan yang mengeluarkan dentuman keras seperti di Bandung itu tidak ada kecuali pembuatan jalan yang membelah bukit.

"Saya pikir tidak ada, kalau katakan ada pembangunan jalan yang membelah bukit, bisa jadi. Karena kemungkinan saya, mereka pakai dinamit. Tapi ini kan tidak ada kegiatan pembangunan seperti itu," jelasnya.

Lebih lanjut, Josia menjelaskan apabila suara dentuman tersebut diakibatkan oleh proses pembangunan maka sumber suara mudah diketahui. "Di dekat sumber itu pasti yang terdengar paling keras dentumannya. Dan pastinya, kalau sumbernya dari proyek pembangunan BMKG pasti akan tahu," ujarnya.

"Kenapa BMKG pasti akan tahu? Karena BMKG punya seismograph yang dapat mendeteksi sumber getaran. Pasti BMKG akan infokan hal itu jika memang dari sumber getaran seperti pemancangan atau ledakan dinamit. Ini kan tidak ada," jelasnya.

Josia memastikan sumber suara dentuman misterius bukan dari proyek konstruksi dan bukan dari daratan. "Karena kalau dari permukaan bumi, pasti BMKG dapat mendeteksi," pungkasnya.

Senada dengan itu, Ketua Umum Asosiasi Ahli K3 Konstruksi Indonesia Lazuardi Nurdin juga sepakat bahwa sumber suara dentuman misterius bukan dari pembangunan tiang pancang.

"Kalau tiang pancang selama yang saya ketahui belum pernah mengeluarkan suara seperti itu," katanya melalui pesan singkat.

INDOPK | Agen Poker Online Domino qq dan Bandar Ceme Terpercaya

Promo INDOPK
<> Event Lomba Turn Over Bulanan ( Berhadiah Ratusan Juta Rupiah )
<> Bonus Deposit 5.000 Setiap Hari ( Minimal Deposit 100.000 )
<> Bonus New Member 10% ( Minimal Deposit 25.000 )
<> Bonus Rollingan 0.5%  ( Dibagikan Setiap Hari Rabu )
<> Bonus Referral 20% ( Seumur Hidup )
<> Bonus Jackpot Jutaan Rupiah Disetiap Harinya

Posting Komentar

0 Komentar