Viral ODGJ Melahirkan Dipinggir Jalan


INDONEWS88 - Video seorang perempuan orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) yang tengah melahirkan bayi di pinggir jalan Kabupaten Cilacap viral di media sosial. Tampak dalam video itu, perempuan tersebut melahirkan dibantu oleh warga dan petugas medis berpakaian alat pelindung diri (APD).

"Setelah kita cek, dibantu persalinannya juga, kemudian kami evakuasi ibu dan bayinya ke RSUD Majenang. Bayi yang dilahirkan berjenis kelamin laki-laki," kata Camat Majenang Iskandar saat dihubungi wartawan, Rabu (3/6/2020).

Iskandar mengungkapkan proses persalinan itu terjadi di Jalan dr Wahidin, Kecamatan Majenang, Kabupaten Cilacap, pada Senin (1/6). Peristiwa tersebut sempat menyedot perhatian warga sekitar saat itu.

Dia bercerita proses persalinan dilakukan di pinggir jalan tersebut dibantu oleh bidan dan tenaga medis. Sebab, kebetulan lokasi kejadiannya dekat dengan RSU Duta Mulya.

"Saya datang itu sudah melahirkan. Padahal satu hari sebelumnya itu belum ada, kita keliling (mencari) orang gila. Tiba-tiba pagi harinya ada itu," jelasnya.

Dia menjelaskan penanganan persalinan tersebut dilakukan sesuai prosedur yang ada. Saat ini ibu yang diperkirakan berusia 40 tahun itu dan bayinya dirawat di RSUD Majenang. Keduanya dalam kondisi sehat.

"Alhamdulillah stabil semua, sehat semua, baik ibunya maupun bayinya. Kami evakuasi, kami rujuk di RSUD Majenang. Ibunya dirawat di ruang Mawar, bayinya di ruang Soka. Masih kami pantau terus perkembangannya," ujarnya.

Kesehatan jiwa perempuan tersebut nantinya akan diperiksa lebih lanjut. Pihaknya akan menggandeng Dinas Sosial Cilacap terkait penanganan dan pengobatan perempuan tersebut.

"Kami juga akan berusaha cek fisik dengan iris mata, mudah-mudahan yang bersangkutan terdaftar selama ini, NIK-nya itu, jadi diketahui alamatnya di mana, kita akan berusaha mencari keluarganya," jelasnya.

"Kita belum tahu (terkait pengasuhan bayi), nanti kita akan berkoordinasi dengan Dinas Sosial, belum dapat memastikan, yang penting sekarang memastikan keduanya sehat dulu. Untuk tindak lanjut berikutnya lihat nanti," pungkas Iskandar.

INDOPK | Agen Poker Online Domino qq dan Bandar Ceme Terpercaya

Promo INDOPK
<> Event Lomba Turn Over Bulanan ( Berhadiah Ratusan Juta Rupiah )
<> Bonus Deposit 5.000 Setiap Hari ( Minimal Deposit 100.000 )
<> Bonus New Member 10% ( Minimal Deposit 25.000 )
<> Bonus Rollingan 0.5%  ( Dibagikan Setiap Hari Rabu )
<> Bonus Referral 20% ( Seumur Hidup )
<> Bonus Jackpot Jutaan Rupiah Disetiap Harinya

Posting Komentar

0 Komentar