Teka-teki Dentuman Misterius dan Munculnya 'Bintang Jatuh' di Jateng


Teka-teki Dentuman Misterius dan Munculnya 'Bintang Jatuh' di Jateng - Suara dentuman misterius yang menggegerkan sejumlah wilayah di Jawa Tengah (Jateng) menuai sorotan pembaca tahun ini. Tak hanya dentuman misterius, sejumlah warga di Pati dan Blora justru melihat benda mirip bintang jatuh di waktu yang bersamaan.


"Jam 00.19 WIB seperti meteor jatuh berwarna hijau neon dan ekornya warna kuning api," ujar Dita Alif Ivan Syah, warga Desa Mojoagung, Kecamatan Trangkil, Pati, Senin (11/5/2020).


Dita menyebut dia sedang asyik ngopi bersama teman-temannya saat melihat benda mirip bintang jatuh itu. Namun, mengaku tak mendengar dentuman seperti yang banyak diceritakan warga Jateng lainnya.


"Saya bersama teman-teman desa yang lagi asik ngopi melihat secara jelas kejadian itu. Tapi saya dengar tadi tidak ada dentuman. Sayangnya tidak sempat saya ambil gambarnya," lanjutnya.


Cerita senada juga disampaikan warga Pati bernama Muttaqin. Dia mengaku melihat fenomena tersebut dan menyaksikannya bersama warga lain.


"Di sini kan kalau ada orang meninggal jam berapapun pasti dilangsungkan (dimakamkan). Dan saat itu saya melihat seperti bintang jatuh, warna putih, belakangnya merah seperti api," kata Muttaqin yang merupakan warga Desa Sidomulyo Kecamatan Gunungwungkal ini lewat pesan singkat kepada detikcom.


Tak hanya di Pati, warga Blora juga mengaku melihat benda di langit pada dini hari. Salah seorang warga Kelurahan Mlangsen, Dedi mendeskripsikan benda itu seperti bintang jatuh, berwarna kuning terang lalu berubah menjadi bulat, lalu menghilang.


Sementara itu, warga di Kabupaten Sragen tak cuma mendengar dentuman tapi juga merasakan getaran. Peristiwa itu terjadi sekitar pukul 00.30 WIB.


"Suaranya keras sekali, sekitar pukul 00.30 WIB. Arahnya dari atas. Setelah itu saya rasakan getaran cukup kencang, dua buah genting saya sampai melorot," ujar Huriyanto, warga Desa Gading, Kecamatan Tanon saat dihubungi detikcom, Senin (11/5).


Selanjutnya analisis pakar soal suara dentuman yang terdengar di sejumlah daerah di Jateng...


Huriyanto menyebut usai mendengar suara kencang, seluruh keluarganya langsung berlari keluar rumah. Namun setelah diperiksa, tidak ada apa-apa di luar. Hanya tersisa suara ternak yang turut resah merespons dentuman keras tersebut.


"Warga banyak yang keluar untuk mengecek apa yang terjadi. Banyak yang mengira itu suara pesawat meledak. Tapi tidak ada apa-apa di langit," katanya.


Sejumlah pihak telah menanggapi informasi soal suara dentuman yang didengar sejumlah warga di Jateng dini hari itu. Salah satunya Badan Meterorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) yang memastikan suara itu tak bersumber dari gempa tektonik. Agen Poker Online


"Kami memastikan sumber suara dentuman tersebut tidak berasal dari gempa tektonik, karena jika sebuah aktivitas gempa sampai mengeluarkan bunyi ledakan, artinya kedalaman hiposenter gempa tersebut sangat dangkal, dekat permukaan, dan jika itu terjadi maka akan tercatat oleh sensor gempa," jelas Kepala Bidang Mitigasi Gempabumi dan Tsunami BMKG Dr Daryono dalam keterangan tertulisnya kepada wartawan.


Daryono menyebut pihaknya telah memeriksa gelombang seismik dan seluruh sensor gempa BMKG yang tersebar di Jateng selama pukul 00.45-01.15 WIB namun tidak ada catatan aktivitas gempa yang terjadi pada periode tersebut. Tak hanya BMKG, Kepala Penerangan dan Perpustakaan (Kapentak) Lanud Adi Soemarmo Solo, Kapten Sus Bambang Supriyatno juga menyatakan suara itu bukan dari pesawat militer.


"Kalau pesawat militer kan homebase di Lanud Iswahyudi Madiun. Saya lihat tidak ada pengalihan ke sini. Tidak ada terbang malam," kata Bambang saat dihubungi detikcom.


Teka-teki dentuman misterius itu ikut ditanggapi Kepala Stasiun Geofisika Banjarnegara, Setyoajie Prayoedhie. Setyoajie menduga dentuman itu terjadi akibat sonic bom atau gelombang kejut dari pesawat jet.


"Sonic boom ini merupakan shock waves atau gelombang kejut dari pesawat jet. Jadi ketika pesawat jet ini melebihi kecepatan suara maupun aktivitas vulkanik maka akan memicu suara seperti itu," kata Setyoajie saat dihubungi detikcom, Senin (11/5).


Dugaan ini berdasarkan monitoring BMKG Stasiun Geofisika Banjarnegara terkait suara dentuman yang dilaporkan terdengar di daerah Sragen, Boyolali, dan Solo. Di wilayah tersebut BMKG tidak mencatat adanya aktivitas seismik atau gempa tektonik, baik yang dipicu aktivitas sesar lokal maupun aktivitas zona subduksi selatan Jawa.


Selanjutnya juga muncul dugaan dentuman akibat suara sambaran petir. Seperti apa faktanya?


Selain itu, menurut Seyoajie, kecil kemungkinan suara dentuman itu terjadi dari suara petir. Sebab pada 10-11 Mei 2020 konsentrasi awan hujan berada di utara dan selatan Jawa. Sehingga sambaran petir terkonsentrasi pada wilayah utara, barat laut, barat, barat daya, selatan dan tenggara Jateng.


"Untuk sumber suara dentuman ini dari petir kecil kemungkinan, karena tidak adanya aktivitas sambaran petir di lokasi terdampak pada rentang waktu itu. Tetapi karena luasnya daerah yang merasakan dentuman, perlu kajian lebih lanjut apa penyebab pastinya," ujarnya.


Hingga kini suara dentuman misterius dan kemunculan benda langit mirip meteor itu pun masih jadi teka-teki. Belum ada jawaban pasti soal sumber suara dentuman itu.


INDOPK | Agen Poker Online Domino qq dan Bandar Ceme Terpercaya


Promo INDOPK

<> Event Lomba Turn Over Bulanan ( Berhadiah Ratusan Juta Rupiah )

<> Bonus Kartu Jackpot

<> Bonus New Member 10% ( Minimal Deposit 25.000 )

<> Bonus Rollingan 0.5%  ( Dibagikan Setiap Hari Rabu )

<> Bonus Referral 20% ( Seumur Hidup )

<> Bonus Jackpot Jutaan Rupiah Disetiap Harinya

Posting Komentar

1 Komentar















  1. i am Montoya Jazhel from the philiphines ,i was in a big problem in my marital life so i read your testimony on how Dr Ikhide help you get your husband back and i said i will give it a try and i contacted the Dr Ikhide to help me and he promised to help me get my problem solved. now am so happy with my life because all my problems are over. Thanks to the great Dr Ikhide for the help and Thanks to you Selina.

    You can reach him with this email:- dr.ikhide@gmail.com and i promise he will not disappoint you.



    I AM SO HAPPY…… remember here is his email:- dr.ikhide@gmail.com or whatsapp :- +2349058825081















































































    Kumusta Selina



    ako si Montoya Jazhel mula sa pilipinas, ako ay nasa malaking problema sa aking buhay sa pag-aasawa kaya nabasa ko ang iyong patotoo sa kung paano tulungan si Dr Ikhide na maibalik ang iyong asawa at sinabi kong susubukan ko ito at makipag-ugnay sa Dr Ikhide upang matulungan ako at nangako siyang tulungan ako na malulutas ang aking problema. ngayon masaya ako sa aking buhay dahil ang lahat ng aking mga problema ay tapos na. Salamat sa mahusay na Dr Ikhide para sa tulong at Salamat sa iyo Selina.

    Maabot mo siya sa email na ito: - dr.ikhide@gmail.com at ipinapangako ko na hindi ka niya bibiguin.



    AKO KAYA NAKAKITA …… tandaan dito ay ang kanyang email: - dr.ikhide@gmail.com or whatsapp :- +2349058825081










    BalasHapus